Statistik

Selasa, 22 Maret 2011

Indonesia Bisa bikin Kapal Terbaik di Dunia

SURABAYA, KOMPAS.com - Kapal Double Skin Bulk Carrier (DSBC) Erlyne 50.000 Dead Weight Tonnage (DWT) produksi PT PAL Indonesia termasuk salah satu kapal terbaik di dunia untuk kelas kapal berbobot mati 50.000 ton. Kapal yang juga dikenal dengan nama "Star 50" sepanjang 189,840 meter dan lebar 30,50 meter ini sepenuhnya hasil rancang bangun putra-putri Indonesia.



"Kapal DSBC Erlyne 50.000 DWT adalah produk unggulan PT PAL Indonesia. Kapal ini menggunakan kandungan lokal 35 persen hingga 45 persen dengan bahan-bahan berkualitas tinggi," kata Menteri Negara BUMN Mustafa Abubakar saat peluncuran Kapal DSBC Erlyne 50.000 DWT di Galangan Kapal Divisi Niaga PT PAL Indonesia, Surabaya, Jumat (15/10/2010).



Kapal DSBC Erlyne 50.000 DWT dirancang untuk memenuhi persyaratan operasi dan didesain dengan menggunakan kelas Det Norske Verits (DNV Class). Menurut Direktur PT PAL Indonesia Harsusanto, dari desain, kecepatan Kapal DSBC Erlyne 50.000 DWT memiliki kecepatan maksimal 14,5 knot. Tapi, setelah diuji coba di lautan, kecepatan maksimalnya bisa mencapai 16,5 knot.



"Kualitas kehalusan bodi kapal ini tak kalah dengan kapal-kapal asing. Ini adalah salah satu kapal terbaik di dunia," kata Harsusanto.



Kapal jenis niaga ini adalah pesanan Azurite Invest Ltd, British Virgin ILand, Singapura . Kapal DSBC Erlyne 50.000 DWT adalah kapal kesembilan dari kapal kelas DSBC yang berhasil diekspor ke sejumlah negara. Beberapa negara yang pernah mengimpor kapal jenis ini adalah Hongkong (empat unit) , Jerman (dua unit), Turki (dua unit), dan Singapura (satu unit).

Astronom RI Temukan Planet Alien Galaksi Lain

VIVAnews -- Para astronom telah mengkonfirmasi temuan planet alien (asing) di Galaksi Bima Sakti yang datang dari galaksi lain. Namanya, Planet HIP 13044b yang mengorbit bintang tua, HIP 13044.

 Planet mirip Yupiter ini sebenarnya lahir di galaksi lain, namun kemudian ditangkap oleh Bima Sakti sekitar 6 sampai 9 miliar tahun yang lalu. Efek samping dari kanibalisme galaksi membawa sebuah planet yang dulunya jauh kini berada dalam jangkauan para astronom untuk kali pertamanya.

 Planet ini ditemukan oleh tim astronom dari Max-Planck-Institut fur Astronomie (MPIA), Heidelberg, Jerman. Tim peneliti meneliti pergerakan HIP 13044 menggunakan teleskop di sebuah observatorium di selatan Eropa, La Silla Observatory di Chile.

 Setelah enam bulan pengamatan, mereka meneteksi gerakan-gerakan kecil yang melawan tarikan gravitasi planet yang mengorbit.

 Yang membuat bangga, astronom asal Indonesia, Johny Setiawan didaulat jadi pemimpin proyeknya.

 "Bagi saya, itu adalah kejutan besar," kata pemimpin tim, Johny Setiawan dari MPIA, speerti dimuat SPACE.com, 18 November 2010. "Kami tidak mengharapkan itu pada awalnya."

 Tim peneliti yang dipimpin Johny Setiawan membeberkan hasil observasinya secara online dalam situs Science edisi 18 November.

 Ukuran planet ini 25 persen lebih besar dari Jupiter. Ia mengorbit bintang HIP 13044 yang jaraknya 2.000 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Fornax.

 Planet HIP 13044b berada sangat dekat dengan bintangnya itu. Jarak terdekat dengan bintang induk sekitar 8 juta kilometer atau 5,5 persen jarak Bumi dan Matahari. Planet menyelesaikan orbit setiap 16,2 hari.

 HIP 13044b selamat dari fase penuaan bintang -- yang juga akan dialami Matahari sekitar 5 miliar tahun lagi.

 Penemuan ini memaksa para astronom memikirkan kembali ide-ide mereka tentang formasi planet dan kelangsungan hidupnya. Apalagi, ini adalah planet pertama yang ditemukan mengelilingi bintang yang sangat tua dan miskin logam.

 Johny setiawan memperkirakan, nanti, saat Matahari memasuki fase penuaan, menjadi raksasa merah, Bumi mungkin tak akan selamat.

 "Planet-planet dalam, termasuk Bumi, mungkin tidak akan bertahan hidup," kata Johny Setiawan.

 "Tapi Jupiter, Saturnus dan planet-planet luar mungkin pindah mendekat ke orbitnya, persis seperti yang kami deteksi."

 Dalam kasus HIP 13044b, planet ini adalah korban yang selamat. Namun, ia tak akan hidup selamanya. Sebab, bintang induknya akan terus berkembang dalam tahap evolusi berikutnya. Planet ini akan tertelan.

Sekilas tentang Johny Setiawan

Johny Setiawan adalah astrofisikawan muda asal Indonesia yang bekerja di Max Planck Institute for Astronomy (MPIA), Jerman. Hebatnya, ia orang non-Jerman yang dipercaya sebagai ketua tim proyek.

 Pria kelahiran Jakarta, 16 Agustus 1974 ini menamatkan S-1 dan S-3-nya di Freiburg, Jerman.

 Sebelumnya, engan teleskop 2,2 meter di La Silla, Cile, Johny berhasil menemukan planet baru: HD 11977 B. Planet ini berjarak 200 tahun cahaya dari bumi . Planet berukuran 6,5 kali Jupiter ini mengitari bintang raksasa HD 11977A. Sebelum merilis temuannya, Mei lalu, Setiawan memelototi bintang itu sejak 1999.

 Sebelumnya, pemuda kelahiran Jakarta, 16 Agustus 1974, ini juga menemukan dua bintang raksasa baru, HD 47536B dan HD 122430B, pada 2003.

LAPORAN KULIAH KERJA LAPANGAN (Inti)

2.1Objek – objek Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL)
   2.1.1 Gedung PPPPTK Matematika
1. Aula PPPPTK Matematika
     a. Matematika realistik
          Materi ini disampaikan oleh Fadjar Shadiq, M.App.Sc. Beliau menjelaskan tentang penerapan Matematika realistik yang sesuai dengan PERMENDIKNAS 22/2006. Sedangkan untuk materi pendekatan Matematika Realistik Indonesia disampaikan oleh Sri Wulandari D, M.Pd, yang menjelaskan ciri-ciri pembelajaran dengan PMRI meliputi :
Starting point pembelajaran menggunakan masalah nyata/kontekstual
Isi dari kegiatan matematika (mathematics activity) adalah solving problems
Siswa memecahkan masalah dengan strateginya sendiri


    b. Konsep Media pembelajaran
Materi ini disampaikan oleh Agus Suwarsana, M. Pd. dimana matematika adalah sebuah cerminan kehidupan yang dituangkan dalam simbol-simbolnya. Media itu sendiri diartikan sebagai suatu alat atau cara atau sistem penyampaian pesan.
2. Laboratorium Komputer PPPPTK Matematika 
Dalam laboratorium ini di pandu oleh bapak Fadjar Noer Hidayat,S.Si, M.Ed yang menjelaskan tentang pemanfaatan TI sebagai media pembelajaran interaktif. Media diturunkan dari bahasa latin yang berarti ”diantara” yang merujuk pada segala sesuatu yang membawa informasi dari suatu sumber informasi.
Perkembangan teknologi informasi telah merambah dunia pendidikan. Hal ini mengakibatkan semakin meluasnya pemakaian teknologi informasi dalam pendidikan. Kalau beberapa tahun yang lalu komputer masih menjadi barang mewah, saat ini hampir setiap orang memiliki komputer, bahkan dengan tampilan yang sangat mini dan slim tapi memiliki kemampuan yang tinggi. Saat ini, kita dengan mudah menyaksikan orang-orang belajar dengan menggunakan alat komunikasi mobile, kapan pun dan di manapun, apalagi didukung semakin menjamurnya provider internet yang berlomba-lomba menawarkan banting harga, menjadikan seolah dunia ada di genggaman telapak tangan kita.


3. Mathematics Play Ground PPPPTK Matematika
Didalam Mathematics Play Ground PPPPTK matematika ini di sajikan oleh Jakun Wiyono tentang Matematika Rekreasi yang didalamnya juga terdapat kumpulan alat-alat peraga Matematika.

 2.1.2 Istana Kepresidenan Yogyakarta
Istana Kepresidenan ini merupakan salah satu diantara 5 istana kepresidenan yang ada di Indonesia. Istana Kepresidenan Yogyakarta dibangun pada bulan Mei 1824, lalu mengalami masa penundaan karena terjadi perang Diponegoro yang terjadi pada tahun 1825-1830. Pembangunan dilanjutkan kembali dan selesai pada tanggal 22 Desember 1832. Selanjutnya Istana Kepresidenan Yogyakarta mengalami beberapa tahap renovasi hingga bangunan saat ini.

 2.1.3 Kraton Yogyakarta
Kraton Yogyakarta dibangun pada tahun 1756 atau tahun Jawa 1682 dan di arsiteki oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I yang bergelar Pangeran Mangkubumi Sukowati. Luas Kraton Yogyakarta adalah 14.000 m2.

 2.1.4 Candi Borobudur
Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga, salah satu raja kerajaan Mataram Kuno, keturunan Wangsa Syailendra. Berdasarkan prasasti Kayumwungan, seorang Indonesia bernama Hudaya Kandahjaya mengungkapkan bahwa Borobudur adalah sebuah tempat ibadah yang selesai dibangun 26 Mei 824, hampir seratus tahun sejak masa awal dibangun. Nama Borobudur sendiri menurut beberapa orang berarti sebuah gunung yang berteras-teras (budhara), sementara beberapa yang lain mengatakan Borobudur berarti biara yang terletak di tempat tinggi. Bangunan Borobudur berbentuk punden berundak terdiri dari 10 tingkat. Tingginya 42 meter sebelum direnovasi dan 34,5 meter setelah direnovasi karena tingkat paling bawah digunakan sebagai penahan. Candi Budha ini memiliki 1460 relief dan 504 stupa Budha di kompleksnya.


2.2 Temuan pada Objek Kuliah Kerja Lapangan (KKL)
 2.2.1 Gedung PPPPTK Matematika
 1. Aula PPPPTK Matematika


 

  a. Matematika realistik
Didalam Matematika Realistik terdapat 5 tujuan pelajaran matematika diantaranya pengetahuan, penalaran, pemecahan masalah, komunikasi, dan sikap. Pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran matematika. ... Dalam setiap kesempatan, pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem). Perbedaan antara real denga konkret:
‘real’ à dapat diterima akal
‘konkret’ à dapat ditangkap indera
Jadi, masalah ‘kontekstual’ / ‘realistik” adalah masalah yang diberikan pada awal kegiatan pembelajaran dan ide matematikanya dapat muncul dari masalah tersebut à sangat penting.

 b. Konsep Media Pembelajaran
Di dalam konsep media pembelajaran kita dapat menemukan beberapa manfaat media pembelajaran, yaitu :
- Mengkonkritkan konsep yang abstrak
- Mengurangi Verbalisme
- Dapat menggantikan objek yang berbahaya / sulit didapat
- Menampilkan objek yang terlalu besar / terlalu kecil (memperjelas objek)
- Berinteraksi dengan lingkungan
- Membangkitkan motivasi, kreativitas
- Mengontrol arah dan kecepatan belajar
Selain beberapa manfaat dari media pembelajaran tersebut juga ditemukan beberapa prinsip dalam pemilihan media pembelajaran, antara lain :
Efektivitas, Relevansi, Efisiensi, Kontekstual

2. Laboratorium Komputer PPPPTK Matematika
Di dalam laboratorium computer kita dapat mengetahui manfaat TI sebagai media pembelajaran interaktif. Salah satu jenis media pembelajaran yang kami dapatkan di laboratorium computer PPPPTK Matematika adalah cara penyelesaian soal trigonometri dengan cara online, selain itu kami juga mendapat metode penyelesaian system persamaan linear (equations linear) menggunakan TI. Selain itu kami juga dapat mengakses media pembelajaran berbasis TI berupa software gratis di www.Geogebra.org.
Tugas pokok dan fungsi Unit MTI sebagai berikut:
- Penyusunan naskah software pembelajaran matematika
- Pengembangan Software pembelajaran matematika
- Diklat teknis pemanfaatan computer dalam pendidikan
- Memberikan layanan dan konsultasi pembelajaran dengan media IT
- Pengelolaan data dan informasi PTK Matematika
- Pengelolaan dan Pengembangan Media Elektronik/Touchscreen
- Pembangunan dan pengembangan SIM [kepegawaian, asrama, dll]
- Pengelolaan dan Pengembangan Website
- Pengelolaan Email
- Pengembangan Jaringan Komputer dan hotspot
- Pengelolaan server
- Pengelolaan Laboratorium komputer/ICT
- Pengelolaan produk-produk pengembangan media pembelajaran matematika berbasis komputer dan ICT
Administrasi (administrasi unit, inventarisasi, ISO)
3. Mathematics Play Ground PPPPTK Matematika
 Di dalam Play Ground PPPPTK Matematika kami menemukan berbagai macam media pembelajaran Matematika dari jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi secara nyata. Selain itu kami juga mendapat pengetahuan tentang permainan logika angka dan keistimewaan angka 9.

2.2.2 Istana Kepresidenan Yogyakarta
 Bangunan-bangunan di Istana Yogyakarta:


1.Gedung Utama 
2.Wisma Negara
3.Wisma Indraprastha
4.Wisma Sawojajar
5.Wisma Bumiretawu
6.Wisma Saptapratala

2.2.3 KRATON YOGYAKARTA

 Didalam Kraton Yogyakarta terdapat bangunan – bangunan, halaman – halaman, dan lapangan – lapangan. Jika mulai dilihat dari halaman kraton Utara:
1.Kedaton / Prabayeksa
2.Bangsal Kencana
3.Regol Danapratapa ( pintu gerbang )
4.Sri Manganti
5.Regol Sri Manganti ( pintu gerbang )
6.Bangsal Poncowati ( dengan halaman kemandungan )
7.Regol Brajanala ( pintu gerbang )
8.Siti Inggil
9.Tarub Agung
10.Pagelaran ( tiangnya berjumlah 64 )
11.Alun – alun Utara ( dihias dengan pohon beringin 62 batang )
12.Pasar ( Beringharja )
13.Kepatihan
14.Tugu

Kalau dilihat dari halaman kraton pergi keselatan maka dapat kita lihat:
15.Regol Kemagangan ( pintu gerbang )
16.Bangsal Kemagangan
17.Regol Gadungmelati ( pintu gerbang )
18.Bangsal Kemandungan
19.Regol Kemandungan ( pintu gerbang )
20.Siti Inggil
21.Alun – alun selatan
22.Krapyak.


2.2.4 Candi Borobudur

 

1. Uraian Bangunan candi
Bangunan candi Borobudur berbentuk limas yang berundak – undak dengan tangga naik pada ke-empat sisinya (Timur, Selatan ,Barat, dan Utara). Pada candi Borobudur tidak ada ruangan dimana orang bisa masuk melainkan hanya bisa naik sampai terasnya.

Candi Borobudur merupakan tiruan dan kehidupan pada alam semesta , yang terbagi dalam 3 bagian besar yaitu Kamandhatu , Rupadhatu , dan Arupadhatu.
- Kamandhatu : Sama dengan alam bawah atau dunia hasrat , dalam dunia ini manusia terikat pada hasrat bahkan dikuasai oleh hasrat, kemauan dan hawa nafsu.Relief-relief ini terdapat pada bagian kaki candi asli yang menggambarkanadegan-adegan Karrnawibhangga , ialah yang melukiskan hukum sebab dan akibatnya.
- Rupadhatu : Sama dengan alam antara atau dunia rupa ,dalam alam ini manusia telah meninggalkan segala urusan keduniawian dan meninggalkan hasrat ataupun kemauan.Bagian ini terdapat pada lorong satu sampai lorong empat.
- Arupadhatu : Sama dengan alam atas atau dunia tanpa rupa yaitu tempat ,para Dewa. Bagian ini terdapat pada teras bundar tingkat I,II,III beserta stupa induk

2. Patung Budha
Patung budha di candi Borobudur berjumlah 504 buah. Sekilas patung budha itu tampak serupa semuanya,tetapi sesungguhnya ada juga perbedaan-perbedaannya.Perbedaan yang sangat jelas dan juga yang membedakan satu dan yang lainnya ialah sikap tangannya , yang disebut Mudra dan merupakan cirri khas untuk setiap patung.Sikap tangan patung budha di candi Borobudur ada 6 macam , hanya saja oleh karena macam Mudra yang dimiliki oleh patung-patung yang menghadap semua arah ( Timur ,Selatan , Barat,dan Utara ) pada bagian Rupadati ( langkah V ),maupun pada bagian Arupadhatu pada umumnya menggambarkan maksud yang sama ,maka jumlah Mudra yang pokok ada 5. Ke 5 Mudra itu ialah:

1.Bhumispara-Mudra
 Sikap tangan ini melambangkan saat sang budha memanggil dewi bumi , sebagai aksi ketika ia menangkap semua serangan iblis mara.
Patung-patung ini menghadap ke timur langkan I-IV

2.Wara –Mudra
 Sikap tangan ini melambangkan pemberian amal , memberi anugerah atau berkah.Mudra ini adalah khas bagi Dhyani Budha Ratnasambhawa. Patung-patung ini menghadap keselatan langkan I-IV
3.Dhyana Mudra
 Sikap tangan ini melambangkan sedang semadi atau mengheningkan cipta.Mudra atau sikap tangan ini merupakan ciri khas bagi Dhyani BudhaAmitabha.Patung-patung ini menghadap ke barat langkan I-IV.

4.Abhaya-Mudra
 Sikap tangan ini melambangkan sedang menenangkan , Mudra atau sikap tangan ini merupakan sikap tanda khusus Dhyani BudhaAmoghasidi.Patung-patung ini menghadap ke utara langkan I-IV
5.Dharma Cakra-Mudra
Sikap tangan ini melambangkan sikap memutar roda dharma,mudra ini menjadi ciri khas Dhyani Budha Wairocana.Khusus di candi Borobudur Wairocana ini digambarkan dengan sikap tangan yang disebut Witarka-Mudra.
Patung dalam relung langkan V disemua sisi melambangkan sikap tangan yang sama yaitu disebut Witarka-Mudra ( Sikap tangan yang ke 6 )